Cara membuat star trail




Membuat foto star trail pada dasarnya bukan hal yang sulit. Dasar memotret star trail adalah memotret dengan teknik long exposure sehingga pergerakan bintang terekam sebagai garis lintasan bintang dalam foto. Teknik ini juga sangat berguna dalam memotret hujan meteor. Tentu saja kita harus cermat dalam pembuatannya dan beberapa elemen perlu digabungkan untuk mendapatkan foto yang bagus. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat foto star trail:

Apa yang harus dibawa?

Yang pertama adalah peralatan yang diperlukan. Karena dalam membuat foto star trail digunakan teknik long exposure, maka tripod adalah alat yang sangat diperlukan. Remote atau cablel release juga mungkin diperlukan untuk menghindari shake dari tangan dan jari ketika menekan tombol rana. Speedlite tidak wajib, akan tetapi ada baiknya jika kita membawanya. Jika bagian foreground foto kurang tercahayai dengan baik, maka kita dapat menggunakan speedlite untuk meneranginya.

Dalam era digital ini, alangkah baiknya jika kita menggunakan teknik penggabungan foto pada post-processing. Oleh karena itu kita harus membawa intervalometer. 

Apa intervalometer itu? Intervalometer adalah alat yg digunakan untuk mengatur jeda/ interval dari foto satu ke foto berikutnya, terutama untuk pengambilan foto dengan jeda lebih dari 1 detik. Intervalometer bisa berupa program/ software ataupun perangkat keras/ hardware.
Program Intervalometer yang banyak digunakan adalah suatu firmware keluaran Unified yang bernama Magic Lantern, atau sering disebut dengan ML. ML sebenarnya adalah program tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam DSLR (EOS 550D/ 600D/ 60D/ 7D/ 5D mk ii) guna memaksimalkan fitur video-nya. Adapun intervalometer yg berupa hardware, misalnya intervalometer buatan Pixel, banyak terdapat di toko2 peralatan fotografi. Ada juga intervalometer yang berbasis android dan tinggal download aja di android market.


Cara membuat komposisi yang baik

Komposisi yang paling umum adalah rule of third, yaitu dengan menempatkan tanah di sepertiga bawah foto, kemudian masukkan pohon atau bangunan ke dalam bingkai untuk memberikan kesan dinamis. Untuk mendapatkan foto star trail yang melingkar, arahkan kamera pada North Star (Polaris). Meskipun Polaris bukanlah pusat dari gerakan bintang, tapi dari bumi, bintang-bintang terlihat seperti bergerak mengitari Polaris.
























Setting kamera

Untuk memotret star trail, pilih aperture lebar, ISO pada 800-1600 dan fokus lensa pada infinity. Tantangan terbesar memotret star trail adalah lamanya exposure. Sebuah foto star trail dapat diperoleh dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan melakukan long exposure yang memang benar2 sangat lama, bahkan berjam-jam menggunakan mode Bulb. Hal ini sering dilakukan di era kamera film. Teknik ini terlalu berisiko untuk melakukan dengan kamera digital. Long exposure berjam-jam dapat menyebabkan munculnya dead pixel pada sensor atau bahkan menyebabkan matinya sensor.

Cara kedua adalah dengan menggabungkan beberapa foto dengan waktu exposure yang lebih singkat. Pilih mode Manual pada kamera dan mengatur kecepatan di kisaran 20-30 detik. Lakukan beberapa tes untuk melihat akurasi fokus dan exposure. Jika gambar yang dihasilkan terlalu gelap (underexsposed), maka naikkan ISO sampai dengan 3200 meskipun hal ini akan mengakibatkan munculnya noise. Terangi daerah foreground dengan cahaya buatan seperti speedlite atau senter. Jangan lupa untuk mematikan fitur noise reduction karena akan memperlama waktu pengolahan gambar pada kamera. Setelah mendapatkan pengaturan terbaik dari kamera, atur intervalometer pada nilai 3-5 detik. Jika interval terlalu lama, maka bintang akan menghasilkan jejak terputus-putus.

Hasil Star Trail


Jika total durasi pengambilan foto tidak terlalu lama (misal hanya 1 jam) maka jejak bintang yg ditimbulkan juga tidak terlalu panjang

Post-Processing

Pada bagian post-processing, kita hanya tinggal menggabungkan serangkaian foto-foto yang telah kita ambil menjadi satu gambar dengan menggunakan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau aplikasi khusus untuk memproses foto star trail. Di bawah ini software rekomendasi temen, katanya biar gampang nggabungin star trailnya.


2 komentar :

  1. sangat bermanfaat tutorial startrailnya mas. Lagi buka strail-trail.de dan ternyata tutorial lengkapnya ada disini. Vielan dank! Blogwalking juga ke blog http://tommyvotograph.wordpress.com/ mas hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah artikelnya sangat berguna bro

    kalo mau beli domain beli di jualdomainhostingmurah.com

    ReplyDelete

 

Popular Posts